Sunday, September 11, 2011

5 Jam Merpati Membuat Kami Kering di Ruang Tunggu Bandara

Tiga hari yang lalu, saya dan teman saya Evi berangkat dari Bandara Hasanuddin Makassar menuju Jakarta.. Kepulangan setelah bermalas-malas ria di Polewali selama sebulan lebih itu menjadi begitu menyebalkan karena ketidak profesionalan pihak Merpati, setidaknya begitu saya menyebutnya "KETIIDAK PROFESIONALAN".. kalau ada yang tidak suka silahkan tinggalkan komentar di bawah.
perjalanan menyebalkan ini dimulai dari ketika kami check in dan petugas memberitahu bahwa pesawatnya ditunda satu jam yang awalnya berangkan jam 4 sore berubah menjadi jam 5, katanya mereka sudah menelepon untuk memberi tahu, yang mengangkat telepon adalah bapak R yang kemudian saya ketahui bahwa Bapak R itu adalah pihak Travel tempat saya membeli tiket, Ketidak profesionalannya memang belum dimulai dari sini, karena menurut saya ini adalah kesalahan pihak travel yang tidak menulis nomor HP saya saat booking tiket padahal saya sudah memberikan jadi pihak Merpati bukan menghubungi orang yang mau berangkat tapi ke travel, jadi deh saya nggak tau dan check in lebih cepat sehingga kami harus menunggu lebih lama di ruang tunggu, tapi sampai di sini saya pikir nggak papa lah cuma satu jam. Tapi ada satu yang harus diketahui pada saat Check ini nomor penerbangan kami diganti dari MZ 781 menjadi MZ 803.
Hal menyebalkan ini berlanjut ketika sudah jam 5 tapi kami belum dipanggil juga, dan belakangan diketahui bahwa kami akan berangkat jadi jam 7 malam, jadi delaynya kalo digabung jadi 3 jam deh.... waktu itu petugas Merpati sudah mencatat nama kami... karena sudah lapar, teman saya Evi sambil bercanda ngomong ke petugasnya kalau kita lapar dan mau makan, trus petugasnya nanyain ke petugas yang lain dan tak lama kemudian datang dan bilang "Tunggu sebentar, makanannya segera datang" tapi lama ditunggu nggak dateng2 tuh makanan, bukannya apa, soalnya waktu pulang sebulan yang lalu dari bandara Soetta dengan pesawat merpati juga waktu delay 1 jam kami dikasih makan dan minum tuh, tapi ini udah 3 jam kok nggak ada?? akhirnya kami memutuskan untuk membeli makanan sendiri.
Pas selesai makan, bapak yang satu penerbangan dengan kami datang memberi tahu bahwa penerbangannya ditunda sampai jam 8.55.... whaattt??? gila jadi total delaynya 5 jam?? ckckckck sungguh terlalu.. waktu demi waktu dan kami pun menunggu. sebagian penumpang sudah mengomel dan meminta pertanggung jawaban petugas, delay lebih dari 4 jam itu harusnya dapat kompensasi, tapi katanya bosnya bilang undang-undang yang mengatur tentang itu masih sosialisasi jadi nggak ada kompensasi, dan kami menunggu selama 5 jam tanpa ada cemilan atau apapun, padahal ini kan bukan kesalahan kami,s etidaknya pihak Merpai menunjukkan bahwa mereka itu profesional dong, masa kami dibiarkan terlantar tanpa pelayanan yang memadai?? mungkin bagi kami yang masih anak sekolah nggak masalah menunggu lama karena perkuliahan belum dimulai tapi bagi yang puna kesibukan atau bisnis gimana? waktu 5 jam itu banyak yang bisa dikerjakan
Dan akhirnya pesawat merpati pun tiba, kami akan segera berangkat..... tapi pada saat akan menaiki pesawat, tiba2 kami penumpang dengan nomor penerbangan MZ 803 akan diganti tiketnya dengan penerbangan MZ 761 dan katanya mereka meminta tiket check ini itu diserahkan pada mereka, tapi ibu-ibu yang senasib dengan kami bilang jangan  diserahkan karena mereka mau menghilangkan bukti bahwa penerbangan kami telah tertunda selama berjam-jam... banyak penumpang yang kesal bukan main, gimana nggak? mereka menunda penerbangan dan tidak ada permintaan maaf sepatah kata pun.. sopan banget ya pihak Merpati ini?? belajar ilmu etika dari mana?? dari Yunani sama anggota DPR bang n mbak??
Ke depannya saya berharap Merpati bisa memperbaiki ini dan tidak membuat pelanggannya lari, maskapai pemerintah harusnya memberikan pelayanan yang baik untuk rakyat dong........